What's New

  • You like Kejut and want to place a link to Kejut in your website? That's easy! Click here!
    Kejut.com
Email:
 

Oke, saatnya main teka-teki. Ga usah banyak basa-basi ah, seperti "Dari mana dapet teka-teki ini?" Tapi berhubung pembaca akan kecewa kalo bertanya dan ga dijawab, akhirnya kujawab juga, "Dari buku pelajaran matematika murid kelas 2 SMP."

OK, now is the time for riddles. No need to have a lot of courtesy ceremony, like "Where did you get this riddle from?" But due to the disappointment of readers if they ask me and I don't answer it, finally I answer it, "From a textbook of a student of second grade of junior high school."


Iseng aja bikin gambar ini
This pic is just for fun

Cuma ada 2. Yang pertama:

Aku punya ember berbentuk silinder. Di dalamnya ada air kira-kira setengahnya, tapi tidak tepat setengahnya. Bagaimana cara aku tau apakah air itu lebih dari setengah atau kurang dari setengah? (Ga ada tongkat, ukuran, penggaris, atau alat2 apapun. Embernya pun cuma satu.)

There are only 2. The first one:

I have a cylinder bucket. Inside it there is a water about half of the bucket, but is not exactly half. How can I know if the water is more than half or less than half? (There is no rod, measurement, ruler, or any tools. Even there is only one bucket.)

Yang kedua ini sangat ga mirip dengan yang pertama, lagipula ini sumbernya juga lain. Tebak aja sesukamu kira2 apa ini, salah maupun benar tak masalah.

"A lebih baik daripada B lebih baik daripada tiada lebih baik daripada A dan B," kata C.

Kalo mau dengan notasi himpunan: "{A} lebih baik daripada {B} lebih baik daripada {} lebih baik daripada {A, B}," kata C.

Apakah itu? Maksudnya, kira2 apa hubungan A dengan B dengan C?

The second one is very different from the first one, moreover the source is also different. Just guess what it is as you would like, wrong or right is not a problem.

"A is better than B is better than noone is better than A and B," says C.

If you prefer using set notation: "{A} is better than {B} is better than {} is better than {A, B}," says C.

What are they? I mean, guess what are the relations between A and B and C?

 

Written by: yuku

1. A lebih baik daripada B, B lebih baik daripada ketiadaan, ketiadaan lebih baik daripada gabungan A dan B.
2. puter2 airnya, kalau sampai atas, berarti lebih dari 1/2
Gimana?


Adhi [id], 2 Oct 2005, 14:21 reply
1 is wrong. 2 is wrong.

yuku [sg], 18 Oct 2005, 13:45 reply
(ikut2an nebaaaak)
1. Assume (kayak ujian aja) that the ember got penutup. Jadi, pake pen, jari, ato apa, tandai batas air. Trus balik cylindernya.. kalo batas airnya lewat dari garis, berarti lebih dari setengah, kalo kurang, berarti kurang oo.. :D
2. Anggap: A = 9 , B = 8, none = 0 dalam hexadecimal.
Jadi, A lebih gede nilainya dari B lebih gede dari none, tapi kalo A di tambah ama B, jadi overflow.. jadi 0 lebih baik dari overflow.. *stress mode baru selesai ujian comp organization


Erlin Diana [sg], 15 Nov 2005, 10:05 reply
jawaban soal ember nomer 1 :
sebagaimana kita tahu kalo 1/2 isi = 1/2 kosong, jadi kalo kita kalikan kedua ruas dengan bilangan 2, kita peroleh isi = kosong ^^


nyo ah [sg], 15 Nov 2005, 17:47 reply
1. miringkan tabung sampe diagonal terpanjangnya tepat berposisi horizontal. kalo sebelom diagonal itu menjadi horizontal air uda tumpah, artinya > 1/2. klo udah menjadi horizontal tapi blom tumpah, artinya < 1/2.
2. ???


Derianto Kusuma [id], 9 Dec 2005, 11:46 reply
aku mau nayak soal teka teki yg satu ini tlong d jawab, ....BERAPA BAYAK BILANGAN YG ADA PADA 1=100

SADLY [us], 27 Jan 2007, 8:45 reply
2.mungkin kalo diperjelas bisa jadi begini
"lebih baik [] A daripada B,lebih baik [] B daripada tidak [ada],tidak [ada] lebih baik daripada [] A dan B"kata C
yang didalam [] diberi kata dikerjakan.
hubungannya C guru matematika,A dan B muridnya


ikutan jawab [id], 6 Feb 2007, 17:10 reply
ngarang deh ^^ contoh A = kucing, B = anjing. C pengen piara binatang. C lebi suka kucing dari anjing jd lebi baik piara kucing. Tapi kalo ga bisa piara kucing piara anjing jg lebi baik drpd ga punya piaraan. Tapi lebi baik ga punya piaraan daripada piara anjing ma kucing. Tar bertengkar terus :p

asa [sg], 30 Apr 2007, 18:06 reply
embernya ada tutup?
ditutup, lalu dipegangin pake jempol titik permukaan air.
lalu dibalik, kalo permukaan baru lebi tinggi berati > 1/2
kalo lebi rendah <1/2
kalo sama = 1/2


guest [se], 29 May 2007, 8:24 reply
jempolnya di luar ember

guest [se], 29 May 2007, 8:25 reply
no. 1
mgk sama kyk derianto
dimiringin ampe permukaan airnya setara dengan ujung dari silinder..
| /|
| / | = (miringin kepala dikit) tepat setengah
|/ |
------
no. 2
({A}>({B}>({}>{A,B}) --> ga ada yg paling baik
({A}>{B})>({}>{A,B}) --> tetep ga ada yg paling baik
∀(x)∀(y)∀(z):A(x) B(y) better(x,y) /\ ¬(better(z,y) /\ better (z,x)) --> A yg paling baik
C= commentator
--no idea--


4night [id], 8 Jun 2007, 19:27 reply
1.idih yg kasi teka teki aj msh plin plan,yg tegas aja dunk,keliatan nya ember tu aernya setengah ga sih...bete
2.aaaahhhh intinya si "c" cemburu aja dengan affair a+b hehehehe


nadnad [id], 26 Jul 2007, 17:19 reply
2. hebat ada yang menjawab dengan singkat padat dan hampir betul!

yuku [sg], 28 Jul 2007, 3:49 reply
soal loe ga gue ngerti

anak sma [id], 17 Nov 2008, 7:36 reply
keren bgd


padang [id], 24 Mar 2009, 2:57 reply
no 2: hahaha. c itu bapaknya dr si gadis, dia bilangin anaknya bahwa si A tuh lebih baik dr pada si B , tapi gak sama mereka (A+B) itu lebih baik lagi hahaha..
no 1: miringin aja embernya sampai batas air menyentuh ke bibir ember, kalo ternyata dasar embernya terlihat berarti air kurang dr setengah ember(karena volumenya ga sampe setengah buat nutupin dasar silinder) , dan kalo ternyata dasar embernya tidak terlihat bahkan lebih airnya berarti airnya lebih dr setengah ember. mohon diberi petunjuk ^^


batokai [id], 26 Dec 2009, 15:03 reply
Hi Yuku,
1) by looking at the top of the filled cylinder
2) A,B,C be sets (mathematical) where, C = AB
Any answers can you post so that i can learn more riddles?


Dhru [us], 30 Dec 2010, 9:58 reply