What's New

  • You like Kejut and want to place a link to Kejut in your website? That's easy! Click here!
    Kejut.com
Email:
 

What's in a name? Apakah arti sebuah nama? Begitu kata Shakespeare. Nama di sini bukanlah berarti suku Nama, sebuah suku di Afrika bagian Selatan, nama adalah sebutan panggilan yang unik di setiap umat manusia untuk membedakan dirinya dgn orang lain. Nama menunjukkan jati diri seseorang, dari mana ia berasal, apa latar belakangnya, apa status sosialnya, dsb.

What's in a name ("nama" in Indonesian)? That was what Shakespeare said. The term Nama here does not mean the tribe Nama, a tribe in the South of Africa, name is a term that is used to call among the human beings to differentiate them from the others. Name shows the real identity of a person, from where s/he is from, what is his/her background, what is his/her social status, etc.

Segera setelah seorang anak lahir di dunia, orang tuanya mencarikan nama untuk anaknya. Biasanya dipilih nama yang bagus2, nama yang memiliki arti yang mengesankan, meski ada juga yang hanya mengikuti tradisi dgn hanya memilih nama yg umum dipakai di daerahnya, atau malah dinamakan sama persis dgn nama ayahnya, seperti presiden Amerika Serikat skrg ini.

Soon after a baby is born on the world, his/her parents look for a name for their children. Usually the chosen names are good, names that have impressive meaning, although there are some that only follows the tradition by choosing names that is commonly used in that area, or possibly be named exactly the same as the father's name, like the current United States president.

Waktu aku masih kecil, beberapa nama yang umum dipakai adalah seperti: Natalia, Andi, Monika, Andre, dsb. Yaitu nama2 yg terdengar seperti nama orang Barat. Ada juga nama2 yang terdengar seperti nama org Indonesia spt: Agung, Dimas, Agus, Hendrawan, serta nama saya sendiri, nama yang khas Indonesia. Beberapa waktu lalu, ketika akan ada suatu kegiatan, dan semua yg ikut ditanyain mau makanan apa, atau kalau2 ada pantangan apa. Saya ya pilih saja salah satu pilihan yang dia sediakan. Lalu pihak sana kirim email balik, menanyakan, "Are you moslem? Do you need halal food?" Sontak saya menjawab, "No, I'm not. I can eat any food." Rupanya nama saya terdengar seperti nama muslim yah. Tak heran, Singapore Idol yg lalu saja namanya Hady Mirza.

When I was a child, names that were commonly used were like: Natalia, Andi, Monika, Andre, etc. Which were names that sounded like Western names. There were also names that sounded like Indonesian people's names like: Agung, Dimas, Agus, Hendrawan, and also my own name (Hadi), a name that has Indonesian characteristics. Some time ago, when there was an event, and all people who joined were asked what food they want, or if there are some restrictions. I just chose one of the choices that were provided. Then the other party sent an email back, asking, "Are you a Moslem? Do you need halal food?" Abruptly I answered, "No, I'm not. I can eat any food." It turned out that my name sounds like a Moslem, isn't it. No wonder, the Singapore Idol last time had a name called Hady Mirza.

Waktu SMP ada temanku yg memakai nama muslim spt: Choirul Anam, Muhaimin, Masruchin, bahkan ada yg bernama Isa! Ketika SMA saya melihat teman2 saya banyak yang mempunyai nama2 Barat, jrg yang namanya masih memakai nama Tionghoa. Ada satu hal yang cukup menarik adalah bahwa nama Barat yang dipakai kebanyakan adalah nama2 Inggris, seperti: Stephanie atau variannya Stefani, Stefanie, lalu Jimmy, Melissa, Adrian, Aileen, Alan, Alex, Annice, Anthony, Ronald, Christine, dan lain sebagainya yg kalo diteruskan bisa nggak habis2. Yang punya nama2 seperti tadi itu bisa ada bbrp org yg memakai nama sama. Padahal ada banyak nama Inggris yang aku tak pernah dengar ada org Indo yang memakainya spt: George, Ashlee, Archibald, Cameron, Kyle, Chuck, Montgomery, Murphy, Oswald, dll. Selain itu saya melihat tak banyak yang memakai nama selain nama Inggris, memang ada beberapa juga sih, seperti: Imelda, Fernando, Alfredo, Anton, Ferdinand, Elvira, Ines, Hanna.

When I was in secondary school there were my friends using Moslem names like: Choirul Anam, Muhaimin, Masruchin, even there was one who had Isa (Jesus) as his name! When I was in high school I noticed that many of my friends had Western names, it is ununsual to see that someone still uses Chinese name. There is one thing that was quite interesting, that the Western names used are mostly English names, like Stephanie or the variants Stefani, Stefanie, and then Jimmy, Melissa, Adrian, Aileen, Alan, Alex, Annice, Anthony, Ronald, Christine, and so on and so on that if I were to continue it would not finish. The ones who have names like that may have a same name but actually different individuals. Even so, there are a lot of English names where no Indonesians ever used them as long as I know, like: George, Ashlee, Archibald, Cameron, Kyle, Chuck, Montgomery, Murphy, Oswald, etc. Other that that I noticed that not many used names other than English names, although there are several, like: Imelda, Fernando, Alfredo, Anton, Ferdinand, Elvira, Ines, Hanna.

Banyak pula yang suka memakai nama Kristen, tak peduli dia beragama Kristen atau bukan. Ada yg bernama Christin tapi bukan Kristen. Yang lain ada yg memakai nama2 di Alkitab, nabi-nabi, atau nama Santo/Santa atau nama bapak2 gereja. Nama di Alkitab spt: Abednego, Petrus, Yusuf, Yosua, Yahya (Yohanes), Maria, Tirza, Hezron, Yosafat, serta nama2 Inggrisnya spt: Michael, Matthew, John atau Johnie, Peter, James. Nama Santo/Santa spt: Valentina, Agustinus, Xaverius. Atau tokoh gereja seperti Polikarpus.

There are also many who like to use Christian names, no matter whether they are have Christian as their religion. There are ones whose name are Christin but they are not Christian. Some of the others uses names in the Bible, prophets, or names of Saints or names of church fathers. Names in Bible like (Indonesian version): Abednego, Petrus, Yusuf, Yosua, Yahya (Yohanes), Maria, Tirza, Hezron, Yosafat, and the English version of the names like: Michael, Matthew, John or Johnie, Peter, James. Names of Saints like: Valentina, Agustinus, Xaverius. Or famous people of the church like Polikarpus.

Ada juga yang memakai nama dewa-dewi. Contohnya seperti Diana (Dewi Perburuan bangsa Romawi, ekuivalen dgn Artemis di Yunani), Flora (dewi bunga), Luna (dewi bulan), Saraswati (dewi kebijaksanaan), Wisnu(dewa pemelihara), Indra (dewa cuaca dan raja kahyangan), Surya (dewa matahari).

There are some who use gods' names. For example Diana (Hunting Goddess of the Romes, equivalent to Artemis in Greece), Flora (goddess of flower), Luna (moon goddess), Saraswati (wisdom goddess), Wisnu (carer god), Indra (god of weather and lord of Svargaloka in Hinduism), Surya (god of sun).

Pernah suatu kali ketika berkenalan dgn orang Vietnam, dan seusai saya menyebutkan nama saya, dia bertanya, "What is your western name?" Saya jadi bingung, nama saya cuma itu kok, kecuali kalau dia tanya siapa nama Tionghoanya, itu baru ada. Rupanya karena banyaknya orang Indonesia yang memakai nama Barat, sehingga dikira org Indo yg tidak bernama Barat mesti punya juga nama Baratnya.

There is one occasion when I introduced myself to a Vietnamese, after I mentioned my name, he asked "What is your western name?" I became confused, my name is only this one, except if he asked what is my Chinese name, which I have one. It turned out that because there are a lot of Indonesians that use Western names, he thought that if an Indonesian's name was not a Western name, he actually had a Western name.

Yang saya pertanyakan ialah mengapa banyak yang suka memakai nama Inggris, padahal orang Barat tidak hanya Inggris, banyak juga negara2 lain dgn budaya yg berbeda2. Kalau kita lihat, org Filipina dan Timor Timur banyak yg pakai nama bukan Inggris, spt: Domingos, Amando, Filipe, Ramos, dll. Sebenarnya banyak lho, nama non-Inggris yang belum dipakai seperti Boris, Vladimir, Jaroslav, Gustav, Ulrike, Schmidt, Konrad, Petersohn, Wolfgang, Giuliano, Annetta, Manuela, dlsb.

What I am questioning is why are there so many people that use English names, although Western people do not consist of only English people, there are some other nations with different cultures. If we notice, Filipinos and East Timor people mostly use non-English names, like: Domingos, Amando, Filipe, Ramos, etc. In fact there is a lot, you know, non-English names that have not been used like Boris, Vladimir, Jaroslav, Gustav, Ulrike, Schmidt, Konrad, Petersohn, Wolfgang, Giuliano, Annetta, Manuela, and so on, and so on.

Saya melihat orang Jawa yang memakai nama Jawa sendiri juga makin menurun. Nama2 orang desa dulu ada yg diberi nama hari spt: Rebo, Kliwon, Wage (spt nama komponis kita), lalu Dhingklik (kursi kecil), Gudel (anak kerbau). Sedangkan nama2 spt Poniman, Wakidi, Katemo, Mukinem, Pariyem, sdh tidak umum lagi, terutama di kota. Sudah jarang sekali anak kecil yang punya nama spt itu. Kebanyakan memakai nama yg dianggap lebih bagus spt: Rahayu, Ika, Retno, Sinta, Bambang, nama2 yg diawali sgn Su- spt Suharto, Sukarno, Susilo atau memakai nama2 Barat spt Randy, Ivan atau nama Arab spt Hambali, Shihab, Assegaf.

I see the declining of Javanese people who use typical Javanese names. The name of villagers were taken from the day name such as: Rebo, Kliwon, Wage (like Indonesian Anthem's componist's name), then Dhingklik (small chair), Gudel (calf). And the names such as Poniman, Wakidi, Katemo, Mukinem, Pariyem... are not common anymore, especially in cities. It's very uncommon for kids to have such names. Most of them use considered better names such as Rahayu, Ika, Retno, Sinta, Bambang, or the names that start with Su- like Suharto, Sukarno, Susilo or using Western name such as Randy, Ivan or Arabic name such as Hambali, Shihab, Assegaf.

Saya baru saja tahu, kalau Wati itu dlm bahasa Arab artinya persetubuhan, tp sepertinya di Indo itu menjadi identik dgn wanita, contohnya antariksawati. Entah berasal dari mana itu. Pembaca ada yg tahu?

I just knew that Wati is a sexual intercourse in Arabic, but it seems that in Indonesia the name means a woman, for example antariksawati (female astronaut). I don't know where it came from. Do you know that?

Saya melihat kecenderungan orang memakai nama Barat adalah makin besar, bahkan bekas pembantu saya dulu memberi nama anaknya dgn nama Henri. Bahkan ada orang tua yg memberi nama anaknya sama persis dgn nama penemu spt: Enrico Fermi, Thomas Alva Edison, bahkan Albert Einstein! Saya merasa kok nggak kreatif sih, dikopi persis namanya.

I noticed the tendency that more and more people use Western names, even my ex-housemaid gave her baby a name called Henri. There was even parents who gave their baby a name that is the same as inventors like Enrico Fermi, Thomas Alva Edison, even Albert Einstein! I think it is sooo not creative, the names are copied without modifications.

Saya jadi melihat bahwa orang Indonesia suka tiru2 nama asing, sesuatu yang tidak kulihat di bangsa2 lain seperti Jepang, Korea, Thailand, India, dll. Kalau memang bangsa Indonesia, kenapa pula mesti malu memakai nama asli Indonesia? Memang untuk kasus2 orang Tionghoa ada yg tak begitu suka mengadopsi nama penduduk lokal sebagai ganti nama Tionghoanya, maka mereka lebih memilih nama Barat. Dulu waktu SMP, ada teman2ku yang namanya unik2, spt: Maharani, Sulung, Bangkit, Buang, Gelar Luhur, Isish (entah nama bikinan sendiri ato ada hub dgn dewa Mesir saya tak tahu, yg jelas isis dlm bhs Jawa artinya sejuk).

It makes me feel that Indonesian like to copycat foreign names, something I don't see in other nations like Japan, Korea, Thailand, India, etc. If you're Indonesian, why should we be shy to use the original Indonesian names? I know that for the case of some Indonesian Chinese, some of them don't really like to adopt the local people names as substitutes of their Chinese names, so they prefer Western names. When I was in Junior high school, some of my friends have unique names, such as: Maharani, Sulung, Bangkit, Buang, Gelar, Luhur, Isish (Don't know whether this is a self-made name or there is relations with Egypt god, what I know is isis in Javanese means cool).

Sebenarnya bisa lho menciptakan nama2 unik, mengingat di Indonesia adalah cukup bebas dalam memberi nama, tdk spt di bbrp kebudayaan lain yang mana nama anak pertama mesti sama dgn nama ayahnya, atau dengar2 di Singapur nama anak yg didaftarkan tidak boleh memakai nama2 tertentu. Nama orang Barat saja sering cukup unik, setidaknya bagi standar Indonesia, contohnya seperti: Brown, Bush (semak2), White. Contoh nama yg unik spt Kristia Monetera, Satu Cahaya Langit, atau spt anak dari Melly Goeslaw yg dinamai "Anakku Lelaki" dan adiknya diberi nama "Pria Bernama". Lalu, anak dari Sitok Srengenge (artinya satu matahari), dinamakan "Laire Siwi Mentari" (lahirnya anak matahari). Ada juga joke2 ttg org yg bernama Saklitinov, dan Saklitinov itu ternyata singkatan dari Sabtu Kliwon Tiga November. Olala...

In fact it is possible to create unique names, considering that in Indonesia it is quite free to give names, unlike in certain cultures that names of the first child must be the same as the father's, or as I heard, in Singapore the child's name that was registered may not use certain names. Westerners' names sometimes are quite unique, at least if seen from Indonesians' standard, for example like: Brown, Bush, White. An example of unique names like Kristia Monetera, Satu Cahaya Langit (one shine of the sky), or like Melly Goeslaw's child that was named "Anakku Lelaki" (My Son is a Man) and his little brother was named "Pria Bernama" (Popular Man). Also, Sitok Srengenge's (meaning: one sun) child was named "Laire Siwi Mentari" (the child of the sun that was born). There is also jokes about a person named Saklitinov, and the name Saklitinov turned out to be an acronym of Sabtu Kliwon Tiga November (The Kliwon (Javanese calendar day name) Saturday of Third November). Olala...

Written by: h4d1

hore pertama! artikel bagus

anonymous [id], 5 Jul 2007, 13:12 reply
wah, bagusnya negri kita, nama macem-macem banget...
baca deh freakonomics, disitu dibahas siklus nama orangkaya dan orang miskin, hehehe...


orangbandung [id], 5 Jul 2007, 14:13 reply
Wah, banyak salahnya tuh:
1. Shakespeare ga ngomong gitu, dia ngomongnya: "What's in a name? That which we call a rose, by any other name would smell as sweet."
2. nama Presiden Amerika Serikat ga sama persis dengan ayahnya, nama dia George Walker Bush, sedangkan ayahnya George Herbert Walker Bush.
3. -wati dalam bahasa Indonesia kalau ga salah dari imbuhan Sansekerta deh, pernah diajarin kan di sekolah? Jadi ga ada hubungan (langsung) dengan bahasa Arab, entah deh kalau ada pergeseran makna waktu pindah bahasa.
4. Banyak dari nama2 yg dilabelkan sebagai "nama Inggris" di atas juga sebenarnya bukan nama Inggris, ko. Stephanie itu nama Perancis, turunan dari nama Yunani Stephanos. Melissa itu juga nama Yunani. Anthony itu nama Latin....
5. Beberapa nama orang turunan Eropa juga ngopi nama, ko, contohnya jagoannya film National Treasure (bukan bintangnya): Benjamin Franklin Gates
wah, panjang juga....


Rin [sg], 5 Jul 2007, 15:17 reply
Ya kan cuma beda satu kata aja, maksudku itu cuma contoh nama yang mirip dgn ayahnya. Ada juga nama yg sama persis, cuma ditambahin Jr. atau Sr. aja, spt Martin Luther King Jr.
Wah, seingatku guruku di sekolah gak pernah bilang kalau -wati dari bahasa Sansekerta.
Ya, meskipun nama turunan, kan nama yang dipakai di Indo yg turunan di Inggrisnya, bukan nama asli dari bahasa Latin/Yunani-nya. Contohnya spt Anthony bukannya Antonius. Makanya saya sebut sbg nama Inggris. Lalu kenyataannya ada jg org Inggris yg bernama Stephanie, Anthony, maupun Melissa. Dan saya kira org Indonesia dipengaruhi terutama org Inggris atau Amerika, bukan org Latin atau Yunani.
Memang nama org terkenal banyak org yang suka meniru. Nama 'Benjamin Franklin' yg asli, yg di US$100, apa ada 'Gates'-nya yah di belakangnya? Setahuku kok gak ada.
makasih atas koreksinya.


h4d1 [sg], 6 Jul 2007, 18:16 reply
Ah, di atas kan bilangnya "sama persis", bukan "mirip". ^^;;;;
Hm... ya emang sih dipengaruhi orang Amerika, tapi yah, pengaruh Amerika emang sudah kuat sekali, sih.... Tapi walau karena ambilnya dari nama orang Amerika, misalnya, kan lucu kalau kita bilang itu nama Amerika tapi orangnya sendiri bilang nama Perancis, misalnya....
Nama Gates tadi kan nama belakangnya si tokoh itu, ya kalau orang aslinya ga ada itunya wajar, toh.


Rin [sg], 6 Jul 2007, 18:40 reply
ah. baca ini kok daku jadi sebal. abis namanya sendiri pasaran sih. masa dulu ada 2 orang bernama sama di satu kelas. huw.

sylv [sg], 6 Jul 2007, 6:17 reply
eh ada contoh nama lagi:
ku punya temen yg namanya "Paul M. E. III"
(ada III-nya di belakangnya)
temenku ada yg namanya "Christina" dan ada "Cristina"
eh trus ku juga tau orang2 dari bbrp negara, dari kompetisi2. taunya baru dikit tapi udah ada nama yang sama..
Yunani: maria, yanni, panagiotis
Poland: marcin (=martin), pawel (=paul)
dll. meskipun itu nama di indonesia pasti terasa aneh, tapi klo diliat di buku kompetisi nama2itu selalu aja diulang-ulang..
eh trus "Mohammad" adalah nama yang paling banyak digunakan di dunia
dan "Jesus" banyak digunakan juga terutama di negara2 yang ke-spanish2-an deh
"Siddharta" ku kenal beberapa orang yang namanya itu, ada org indo ada org amrik
ku pernah tau "Pak Buang" (org indo)
dan ini nama yang menarik punya orang dari negara mana deh lupa, negara ****stan yang deket Rusia tapi penduduknya Islam: "Maksud Ibrahimov" (Ibrahim + mov)
dan orang Thailand punya nickname yang diberi oleh orang tuanya sejak lahir
dan lain2 klo mo liat nama yang lucu2 ada di daftar nilai kompetisi-kompetisi internasional :) contoh:
http://www.ioi2006.com/index.php?page=Official_Results&menu= 0020
hehe cape ah ^^


Deri [id], 10 Jul 2007, 15:36 reply
Kok dari link di atas, tidak ada nama Yanni, Panagiotis, Mohammad maupun Jesus
Jadi ingat guru SMPku dulu yang namanya Pak Amanat dan Bu Byuti. Padahal tampangnya juga nggak byutiful.
Terus ada juga anggota Black Eyed Peas yang bernama "will.i.am" dan "apl.de.ap", meskipun itu bukan nama asli sih.
Yang unik itu nama2 org Indian, seperti Tashunca-uitco (Crazy Horse), Tatanka Iyotanka (Sitting Bull). Nama orang dari Afrika juga unik2, contohnya salah satu dari pemain "The God Must Be Crazy" yang bernama "G!kau". Ada 'click' di tengah namanya.


!peH [sg], 14 Jul 2007, 6:26 reply
Apapun nama, baik asal ataupun jenis, ingat setiap orang ingin dipanggil dengan kata itu. Kata indah yang pertama kali di dengar setelah ia lahir, bukan menyebut atau memanggil dengan kata "kamu" You "hei" apa lagi sambil membunyikan dua jari seperti memanggil anjing atau buurung.

Martin T Teiseran [id], 11 Jul 2007, 4:51 reply
Wah, ga selalu lu orang mau dipanggil dengan nama yg diberikan orangtuanya, soalnya kan kadang ada orang tua yg kasih nama aneh2, macam Melly di atas. Orang Cina dulu sebelum masa revolusi budaya kalau sudah "jadi orang" dikasih nama baru dan kalau dia dipanggil dengan nama kecilnya itu ga sopan. Ada juga di negara2 tertentu kalau ga dekat tapi panggil nama pribadinya itu ga sopan.

Rin [sg], 11 Jul 2007, 7:29 reply
haha, namaku disebutin di atas. kekekeke.
btw, nama jawa yg gudel, dingklik, untuk nama asli kok aku belum perna denger ya, kalo nama panggilan, aku uda seriing denger (untuk gudel, tapi kalo dingklik belum pernah).


yosafat [sg], 11 Jul 2007, 17:01 reply
kalo di bali namanya lebih aneh lagi... terutama org2 yg lahir taun 1970 ke bawah... ada yg namanya meja, master, kursi, leder (mungkin maksudnya ladder) dsb..
trus katanya di jerman juga nama anak sesuai dgn profesi ortu (jmn dulu seh) contoh, bretschneider (tukang jagal), shchumacher (pembuat sepatu)..


org bali [sg], 8 Aug 2007, 5:17 reply
Memang master artinya apa yah? Orang yang jago atau apa? Atau mgkn lantai?
Nama Inggris juga banyak yang seperti itu sih, spt Carpenter atau Cook


h4d1 [sg], 25 Nov 2007, 16:12 reply
Kayanya engga deh. Memang nama anak sesuai profesi bukannya ga ada, tapi kayanya ga seekstrim itu, yang pernah denger paling namanya dibuat sama seperti santo yang jadi patron saint suatu pekerjaan.
Nama yang seperti disebut di atas itu biasanya cuma jadi nama belakang, ga pernah nama anak, jadi memang ada Michael Schumacher, tapi ga ada Schumacher XYZ-whatever, habis kalau ortunya udah pembuat sepatu, kemungkinan nama belakangnya Schumacher, jadi nama anaknya nanti jadi Schumacher Schumacher, kan lucu....


Rin [sg], 26 Nov 2007, 11:54 reply
dari tadi saya baca-baca, reply anda banyak yang sok menggurui & cari-cari kesalahan banget. berasa paling pinter ya?
1. Shakespeare ga ngomong gitu, dia ngomongnya: "What's in a name? That which we call a rose, by any other name would smell as sweet."
bagian di atas ini lagi, berasa jagoan karena tau lengkapnya? bisa nemu di google aja. saya juga tau kok kalo 'what's in a name'-nya Shakespeare ada kalimat panjangnya, tapi esensi yang mau ditarik di sini kan cukup 'apalah arti sebuah nama' saja. jadi ngga usah nyalah-nyalahin orang aja lah bisanya.
go. get. a. life!


ladyred [id], 21 May 2010, 11:47 reply
kalo denger namaku.... coba tebak aku orang mana? jawa? sumatra? sulawesi? malah ada yang nebak itu nama jepang! ohara kalee...

lala [id], 27 Sep 2007, 1:49 reply
this is the english part... plus my name that I forgot to tell: Lala Manohara.
Knowing my name, where do you think I come from? Java? Sumatra? Sulawesi? Some even think it's a Japanese name. Well... Ohara is...


lala [id], 27 Sep 2007, 1:55 reply
Kayaknya orang Jawa sih. Betul nggak?
Kalau dilihat di http://www.borobudur.tv/avadana_05.htm, cerita ttg Manohara ada di relief Candi Borobudur. Jadi bisa saja nama orang India. Tapi rasanya gak umum deh orang India yang namanya Lala.


h4d1 [sg], 25 Nov 2007, 16:16 reply
biasa aja tuch............

dirta [id], 27 Sep 2007, 3:14 reply
tetanggaku dulu sibuk cari nama pakai kalkulator. Maklum dia memang kepengaruh banget dengan numerologi. jadi nama harus dijumlah lalu diapain biar pas.

Kris [hk], 17 Oct 2007, 2:23 reply
HAAA HAAAAA OTL
kalo masalah nama sih mungkin nama2 pengulangan (repetisi sebagian) dalam bahasa sunda lebih ga kreatif... rini marini ato rina marina, bahkan nama belakang dari laki lakinya banyak kesan feminin, contoh risagarniwa atau rukhyana mungkin.. (kata temen gw loh..T__T). tapi biar gimanapun juga untung gak nama pahlawan yang dijiplak abis... di daerah gw ada yang namanya napoleon bonaparte ... napoleoon (waduh, ini nama babinya si harima -school rumble-).. kenapa ga sekalian make nama artis kaya Madonna... HAAAA HAAAA


kuyasaiko [id], 21 Nov 2007, 11:12 reply
when 1st i look Hadi Mirza, in Asian idol. I fell interested to him.

silvia [id], 13 Dec 2007, 2:44 reply
He's a talented and handsome man also has a great voice. Is he a moslem?

Amy [us], 16 Dec 2007, 16:25 reply
it just the name,don't you? pada akhirnya mungkin hanya nama yang dapat dikenang setelah orang meninggal,tp banyak juga orang meninggal tanpa diketahui namanya.Namun di alkitab juga dikatakan adalah bahwa seorang yang memiliki nama yang baik lebih berharga darpada emas dan perak. Jadi bukan masalah namanya saja yang baik,seperti dikatakan orang apalah arti sebuah nama,tetapi bagaimana seorang bisa memberi arti bagi sebuah nama yang disandangnya.

LNA [id], 7 Mar 2008, 12:55 reply
i think there are so many people who lives in "latino" countries named "Jesus " , we can find them in Argentina, Brazil, Chili, Mexico , Porto, Spain, Uruguay, Phillipines etc.
but many christians in other countries , brave not to be called Jesus because they respect the name as "name above all names " , Jesus is the holliest name for them ,so they dont think they are eligible for that name.


timotiushendra [id], 16 Apr 2008, 7:55 reply
bagi kaum muslim, nama adalah doa. doa orang tua untuk anak yang baru saja lahir. dan karena seorang akan dikenali dari namanya, tak hanya di dunia, namun juga di hari kemudian, maka muslim dianjurkan untuk memberi nama terbaik bagi anaknya.
mengenai kecenderungan orang indonesia sekarang banyak mengadopsi nama barat--di satu sisi--dan nama arab/islam--di sisi lain, aku pikir tak lepas dari semakin terbukanya kebebasan berekspresi, dan semakin berkurangnya represi negara terhadap orientasi hidup masyarakat.
jika dulu, orang indo relatif takut menamai anaknya dengan nama-nama berbau barat/islam karena dianggap tidak nasionalis/pancasilais, maka sekarang tak ada yang peduli dengan hal tersebut lagi.
intinya adalah, namai anak sebaik mungkin, karena nama yang diberikan adalah juga doa yang akan selalu dilafadzkan sepanjang hidupnya. dan karena nama adalah warisan orang tua bagi anaknya sepanjang hayat. ;)
btw, nama anakku yang pertama Azka Aqylla Maulana. sekarang sedang berpikir keras untuk mencari nama anak kedua.


bapaknya azka [id], 25 May 2008, 5:08 reply
kupikir kebanyakan orang indonesia yang senang pake nama yang menurut mereka adalah nama barat adalah karena oleh mereka kedengarannya cukup bagus, meski tidak mengerti kenapa banyak orang didunia ini memakai nama tersebut. dalam kebudayaan kristiani meski bukan keharusan semua jemaat umumnya memakai nama baptis dan pemberian nama baptis juga tidak sembarangan harus disesuaikan dengan tanggal dan bulan lahir. misal seperti saya, yang lahir tggl 25 maret yg dlm budaya katholik pada tggl itu merupakan penanggalan dari santo kwirinus, dismas dll.maka saya dibaptis dgn nama kwirinus. sedangkan Jerome hanyalah nama baptis tambahan saja yg juga dari nama seorang santo.maka lengkaplah nama saya menjadi Kwirinus Jerome Druigith. mengenai Druigith, itu merupakan nama saya dari kebiasaan di daerah saya Dayak Banyadu kalbar untuk seorang anak laki-laki pertama. Untuk versi nama babtis juga berdasarkan pada keinginan orangtua apakah ingin versi inggris, latin kuno, latin modern, rusia atau skandinavia dan barat lainnya. misal nama babtis diambil dari santo antonius( versi latin kuno) maka versi inggrisnya Anthony, latin modernnya Antonio, dan jika yg memakai adalah cewek maka akan menjadi Antonia/ Antoneitte. begitu juga dgn Justinus (latin kuno) maka inggrisnya Justin, Justino(latin modern) Justina (pada cewek). Dan demikian juga dgn nama babtis lainnya pemberiannya harus disesuaikan dgn tggl dan bulan lahir, versinya sesuai keinginan dan disesuaikan dgn jenis kelamin.

Jerome [id], 26 May 2008, 4:35 reply
hai cemua sy nak tahu la apa maksud nama sy ekkk.....faizah afiqah nama nya sedap kan,..........huhuhuhu

faizah afiqah [my], 30 May 2008, 4:04 reply
Informasi berharga untuk anda. Web yang di perkirakan bakal mengalahkan
Yahoo dan Google yang akan lounching pada tgl 1 Juli 2008 akan
membagikan sebagian sahamnya yang sebesar $ 1,000,000.00 kepada siapa
saja yang bergabung menjadi anggotanya (Free) sebelum tgl 1 Juli 2008.
Ayo buruan gabung untuk mendapatkan saham gratis. FREE to JOIN. all the
world.
KLIK Join Disini http://www.WebUpgrade9.com/shodiqfm


shodiq [id], 9 Jun 2008, 4:21 reply
bese je

natalia [my], 26 Jul 2008, 17:24 reply
ape maksud nama aku?


natalia [my], 26 Jul 2008, 17:27 reply
HeY,evrYbdY..?? Urm,sa cuMa Nak TnYa..
Pa Lar koNo mksuD Nma sa NeY..
NeY Nma sa.. MaYverLLyN CindY..
SweeT kAn..??? hIK3
cAm OwraNk dYa jUax.. Huhuhu!!


LadiesgurL_CindY.. [my], 7 Aug 2008, 8:04 reply
namaku jugak pelik gitu

gua [my], 23 Oct 2008, 4:18 reply
everybody......
tolong carikan aku nama-nama bunga ya.....
pleaseeeeeeee......


indonesia [id], 5 Dec 2008, 8:10 reply
yang ni bagaimana ?tayaan ?bunga tai ayam ?

syvester [my], 28 Feb 2010, 17:44 reply
please cari aku nama untuk anak perempuan/lelaki

MOHD ARIF WONG ABDULLAH [my], 26 Dec 2008, 7:59 reply
apa arti sebuah nama? nama tidak sekedar sebagai tanda pengenal. nama adalah doa dan harapan. para orang tua yang menamakan anaknya dengan nama-nama orang terdahulu mestilah ada alasannya. selain itu setiap nama mengandung arti, seperti nama saya Ulfah, yang artinya kemesraan, ada juga yang bilang pembawa kebahagiaan. berilah nama yang baik, dari bahasa apa saja, tidak masalah selama itu baik, karena sekali lagi saya katakan,nama adalah doa

dee_xfr [id], 18 Feb 2009, 1:23 reply
nama yang bagus itu yang paling bagus abdullah dan abdurahman atau nama para nabi2.

mahrizal dana [id], 12 Apr 2009, 14:20 reply
Banyak orang keturunan Cina di Indonesia, bukan senang dengan nama nama asing ataupun nama jawa, meskipun tak sedikit memakai nama berbau muslim , malah ada teman saya yang namanya bunawan muslim tetapi bukan muslim.
Masalahnya adalah peraturan ganti nama memang menyebabkan para orang tua terpaksa mengganti nama anak anaknya menjadi nama indonesia dan bukan nama china , jadi jangan samakan dengan nama nama di Jepang dan di Korea, karena kalau di Indonesia ya terpaksa pake nama non china, supaya bisa tenang...
sorry ini hanya opini tentang nama dan tak diutamakan dengan masalah politik..
ini hanya coba menjelaskan mengapa orang chinese di Indonesia tak lagi memakai nama china nya.
saya pribadi sangat suka dengan nama china ( tapi udah diganti ) dan akhirnya nama china ini hanya untuk kepentingan keluarga saja, untuk urusan social legal terpaksa pake nama ganti... tapi ada baiknya jugalah supaya terlihat membaur ...meski agak terpaksa...


timotius hendra [id], 13 Apr 2009, 2:00 reply
apaarti nama edward???


charles [id], 16 Jun 2009, 4:24 reply
saya ingin tau nama arti saya yang sebenarnya.
nama saya melissa grace angel.
thanks


indonesia [id], 26 Jun 2009, 10:02 reply
gOod..
i like it..


dian pitaloka [--], 22 Oct 2009, 9:23 reply
hmmm... artikelnya kereeeennnn BANGET!!!
kalo aku mah nanti pengenkasih SENANDUNG CAHAYA ILAHI, hehe... maksudnya biar jadi anak solehah dong... AMIN...


mil [--], 5 Dec 2009, 14:27 reply
blog saya ada artikel arti sebuah nama, isinya arti2 nama.. mungkin ada yang cocok dengan anda silakan cek ke TKP..hehe

iwan [id], 12 Jan 2010, 2:14 reply
22 ilir plg

fikri [--], 29 Mar 2010, 11:18 reply
keren banget.....

meredian [id], 31 Mar 2010, 12:25 reply
kalo arti nama jessica anastasia apa ya?????? wah kloblh saran ksh tw arti2 nma yang laen don..........

JA [id], 27 May 2010, 5:47 reply
sekarang dah bukan era Shakespeare/Einstein lagi...mesti direvisi: apalah arti sebuah nama..belakang...dont judge someone from their family name ;p -say no to discrimination-

pintar2bijak [de], 23 Jun 2010, 20:38 reply
wow. saya mau tanya sebenarnya nama adella berasal dari mana. saya suka sebal karena sering diledekin sama sepupu saya yg punya nama baratnya bahkan mama saya juga ada nama baratnya. misalnya zaneta,vendredi dan jeudi

adella [id], 8 Jul 2010, 5:06 reply
bleh minta tolong gk dicariin apa arti dari nama "gustav" thank bngt yach sblum nya, coz aq mw ngasih anak ku dngn nama itu. ditunggu jwbannya.

santin [id], 1 Aug 2010, 9:27 reply
Nama tengah gw dsbut jg disini. 'bangkit' hahahahahahaha. Btw nama arab 'assegaf' diatas it artinya ap?

Loo lee wong [us], 8 Sep 2010, 9:10 reply
kami memberi nama yang bagus

yosua panjaitan [--], 13 Sep 2011, 3:57 reply
♫♪♫♪♫

ReostaR V'rgyan bOnet [id], 24 Nov 2011, 5:06 reply