What's New

  • You like Kejut and want to place a link to Kejut in your website? That's easy! Click here!
    Kejut.com
Email:
 

Kenapa, setelah lama tak ada artikel baru di Kejut, sekarang malah ngomongin mimpi? Sebetulnya sih, penulis sudah punya banyak artikel yang setengah jadi, tapi apa boleh buat, para penulis sedang kuliah tahun terakhir, terlalu banyak tugas menumpuk, akibatnya output Kejut berkurang.

Why, after having a long time without any new articles on Kejut, now we are talking about dreams? Actually, the writer had a lot of articles that is halfway done, but nothing can be done knowing that the writers are now at the last year of the university study, too many tasks are waiting, and the result is the reduction of Kejut's output.

Pengantar

Aku baru saja menyelesaikan proyek 1 bulan: mencatat mimpi setiap bangun pagi setiap hari!

Ini dilakukan berdasarkan teori yang dikatakan orang2: Kalau anda berkata "Tadi malam aku ga mimpi!" sebetulnya yang dimaksud adalah "Saya lupa tadi malam mimpi apa!" Cerita selanjutnya di bawah...

Introduction

I just now finished a 1-month long project: writing down my dreams (at night) every time I wake up every day!

This is done based on a theory that was said by people: If you say "I didn't dream last night!" actually what you mean is "I forget what my dream last night was!" And we continue this story later...

Jenis mimpi

Setelah bertahun2 meneliti (sambilan), inilah mimpi-mimpi.

  1. Mimpi biasa

    Nah ini mah ya biasa aja, yang paling sering timbul, jelek ataupun bagus. Biasanya muncul hal-hal yang terakhir dipikir sebelom tidur. - Pasti semua orang pernah...

  2. Mimpi Jatoh!

    Baru sekitar 1-2 menit tidur, muncul hal yang NGERI dan ngagetin! bikin bangun tiba-tiba disertai gerakan refleks tubuh! GA enak rasanya tapi sebentar juga beres lah! tidur aja lagi (kadang2 disertai "gempa" susulan). - Hampir semua orang pernah, walaupun ga gitu umum

  3. Mimpi tanpa tidur

    Agak susah dijelasin nih, tapi pernahkah Anda tidak tidur, tapi ga bisa lupain suatu hal, mau dipaksain segimana pun juga. Bisa ilang juga sih, tapi harus bisa keluar kamar dan ngerjain kegiatan lain (nah ini susah sekali dilakukan soalnya pikiran udah penuh hal-hal tadi). Akibatnya hampir sepanjang malam ga tidur. Ciri-ciri pas bangun, mata gampang dibuka tapi cape (kalo normalnya kan mata seger lagi tapi susah dibuka). - langka

  4. Mimpi di dalam mimpi!

    Nah ini GAWATnya, SUSAH SEKALI BANGUN dan CAPE. Gini ceritanya. Misalnya anda mimpi[1] liburan ke suatu tempat. Lalu setelah cape bermain2 di tempat liburan itu, anda tidur. Nah di dalam tidur itu ada mimpi[2] lagi! Lalu ketika tersadar dari mimpi[2], anda masih ada di mimpi[1] sebelumnya. Lalu berulang seperti itu terus. Pikiran anda tetap merasa ingin bangun, tapi keinginan bangun itu udah terpenuhi pada "bangun dari mimpi[2]". jadi GAWAT. - langka sekali

Kinds of dream

After examining for years (part-time), these are kinds of dream.

  1. Normal dream

    Well this is the normal dream, the most frequently appearing dream, both bad and good dreams. Usually the things you think before sleeping is the one that appears. - I'm sure everyone had this kind of dreams...

  2. Falling Dream! ANNOY

    Just slept for 1-2 minutes, suddenly there comes a TERRIFYING thing and surprising! Makes us wake up very suddenly with a body reflex motions! Feel very BAD but in a moment it becomes normal lah! Just go back to sleep (sometimes a following "earthquake" happens). - Nearly everybody had this, although it's not very common

  3. Dreaming without sleeping AWFUL

    This is quite hard to explain, but have you ever been not sleeping, but cannot forget a thing, how ever you force you mind to forget it. It can be diappear eventually, but you need to go outside the room and do something else (which is very hard to do because our mind is full of the thing mentioned). The result is nearly all the night you cannot sleep. How you know that: when you wake up, the eyes are easy to open but both eyes are tired (in case of normal: the eyes are fresh again but hard to open). - rare

  4. Dream-in-a-dream! VERY AWFUL

    The AWFUL thing is, VERY HARD TO WAKE UP and TIRED. This is how it happens: Let's say that you have a dream[1] of going to a vacation to some place. Then, after you are satisfied enjoying the place of vacation, you sleep. Inside that sleep, you have another dream[2]! Then when you become conscious, actually you are conscious from that dream[2], and you will still have the previous dream[1]. And it will goes on and on. Your mind will think that you want to wake up, but that thought has been fulfilled by the wake up from dream[2] and you wake up to go to dream[1]. So it is AWFUL. - very rare

Asal mula misi catat

Nah, sekitar Juli 2006, aku baru pengen coba, betul ga sih, tiap tidur sebetulnya ku mimpi? ("Apa memang benar bahwa seorang yang bilang ga mimpi, sebetulnya cuma lupa mimpi dan bukan ga mimpi?") Jadi, mulai hari ini, tiap malem kuniatkan untuk ingetin mimpi pas bangun pagi. Berbagai cara sebelum berhasil dengan baik:

Pasang beker jam 5 pagi, tapi waktu bangun langsung tidur lagi. Nah pas tidur kedua kalinya, entah kenapa, biasanya mimpinya lebih heboh, lebih jelas, lebih inget. Jadi pas bangun, jangan dulu beranjak dari kasur, tapi inget2 mimpi dulu. Sampe "Oh iya mimpiku tadi adalah ..." baru beranjak dari kasur.

Masih kurang jelas, dan kadang ga yakin beneran mimpi ga sih tadi? Jadi siapkan hp (ponsel) deket tempat tidur, pasang beker jam 740, dan kalo beker bunyi, sesegera mungkin ambil hp, ketik sms isi mimpi ke adhi, lalu bobo lagi kalo masih pengen bobo.

Setelah seminggu dicoba, ternyata memang tiap hari mimpi! Padahal sebelom itu ku ga merasa setiap hari mimpi... mungkin hanya beberapa hari sekali.

Background of writing down mission

Well, only until around July 2006 that I wanted to try to prove, whether everytime I sleep I dream. ("Is it correct that every person that says that he didn't have a dream, actually he only forgets what the dream was instead of not having any dream?" So, starting today, every night I make a plead to memorize my dream when I woke up on the morning. The methods applied before it succedded:

Set an alarm at 5 am, but when I wake up immediately I sleep again. Well after I sleep the second time, somehow, usually the dream is more surprising, clearer, and can be better remembered. So just when waking up, don't immediately get up from your bed, but remember your dream. Until "Oh yeah, my dream was ..." then you can get up from your bed.

Still unclear, and sometimes I'm not sure whether I had a dream just now? So I prepared a mobile phone near my bed, I set the alarm at 7.40 am, and when the alarm rings, as soon as possible I take the phone, send an sms containing the contents of the dream to adhi, and then I sleep again if I still want to sleep.

After one week passes, I found out that every day I had a dream! Although before that I didn't think that I had a dream every day... maybe only once every a few days.

Misi catat

2 bulan berlalu, persoalan dengan mimpi sudah kulupakan, bangun seperti biasa dan tak mengingat2 mimpi lagi.

Namun pada suatu hari 15 Sep 2006, tiba2 aku ingin mencoba benar2 mencatat mimpi. Dengan alasan jendela selalu dibuka tiap malem, jadi kalau pagi, matahari pun masuk lewat jendela, kamarku jadi cukup terang untuk menulis, maka kusiapkan pinsil dan buku catatan 50 cm dari tempat ku tidur. Pas bangun langsung kutulis mimpiku.

Walau tak terlalu panjang -- juga dengan tulisan yang hampir ga kebaca karena masih setengah sadar -- ku berhasil membuktikan bahwa setiap hari selama 30 hari tidur malam aku mimpi! Catatan itu dari 16 Sep 2006 sampai 15 Okt 2006. Dan uniknya, dalam satu hari bisa beberapa mimpi - biasanya 2. Dan yang terbanyak: 7.

Sayangnya, ada 1 hari, 7 Oktober, yang ku ga inget mimpi apa, tapi ku tau ku mimpi. Sebelum itu pun, pernah pas bangun ingat tadi mimpi, tapi lupa mimpi apa, tapi untung beberapa puluh menit setelah bangun tiba2 ingat mimpinya apa. Dan kebetulan, 17 Okt 2006 -- sudah bukan saatnya mencatat mimpi -- aku ingat bahwa aku mimpi sangat besar dan panjang, tapi lupa apa.

Writing down mission

2 months has passed, I has been forgetting things about dreams, I wake up as usual and I don't memorize dreams anymore.

Nonetheless one day, 15 Sep 2006, suddenly I wanted to seriously write down my dreams. With the reason of having my windows open every night (so at the morning sunlight penerates the window and my room becomes quite bright for writing), so I prepared a pencil and a notebook 50 cm from the place I sleep. When I wake up immediately I write my dream.

Although it's not so long -- also with a writing that's almost unreadable because I am still half-conscious -- I succeeded to prove that I dream everyday in 30 days of sleeping every night! The note was ftom 16 Sep 2006 to 15 Oct 2006. And the interesting thing is, that in one day I can have several dreams - usually 2. And the most number of dreams is 7.

Unfortunately, there is one day, 7 October, where I didn't remember what the dream was, but I knew that I had a dream. Also before that, in one time I remember that I had a dream, but forgot what was the dream, but fortunately some tens of minutes later after waking up suddenly I remember what the dream was. And coincidencely, on 17 Oct 2006 -- which is not in the interval of noting down of dreams -- I remembered that I had a super big and long dream, but I forgot what that was.

Penyebab lupa

Ternyata, dari 3 kejadian "lupa isi mimpi tapi ingat bahwa aku bermimpi", ketiganya disebabkan hal yang sama: bangun, berusaha mengingat2 mimpi dan siap mencatat, tapi sebelum tubuhku benar2 beranjak untuk mencatat, malah ketiduran lagi (beberapa puluh menit), dan pas bangun udah lupa mimpi apa.

Nasehat bagi yang ingin mencoba mencatat mimpi (demi hal2 di bawah): jangan malas mencatat mimpi sesegera mungkin setelah bangun!

Reason of forgetting

I found out that, from those 3 events of "forgot the contents of the dream but remember having a dream", all three were caused by a same thing: waking up, trying to remember the dream and becoming ready to write down, but before my body is really ready to move to write it down, I fell asleep again (for several tens of minutes), and when I wake up I have already forgotten what the dream was.

An advice for those wanting to try to write down their dreams (for the reasons below): don't be lazy to write down your dream as soon as possible after you wake up!

Contoh mimpi yang tercatat

Ini beberapa cuplikan dari catatan mimpiku selama 30 hari itu:

Mimpi ga jelas: Bersama-sama memperjuangkan sesuatu yang kotak2. Sesuatu yang terkumpul bisa dibelah dan dibatasi.

Mimpi yang sangat mirip kenyataan: Coba ikut topcoder development. Tapi udah sampe bikin testcase ternyata bikin males jadi batal

Mimpi benar2 ga mutu: Nyocokin jam di komputer dengan jam lain

Mimpi bagaikan jaman dulu: Nulis jurnal di setip (penghapus) (berbagai macam tulisan kutulis di atas setip dengan bolpen). Tapi lama2 tulisan itu pudar dan terkikis. Jadi bertekad ga mau tulis jurnal di penghapus lagi.

Mimpi terbang (wuih): Terbang (tanpa pake apa2). Tapi saat itu malam dan hampir hitam semua. (jadi percuma bisa terbang)

Mimpi ga jelas lagi: Liatin mobil2 yang lewat, liat 2 angka terakhir nomer mobil, kalau ikut pola tertentu masuk tim kita, sebaliknya tim lawan. Akun OCBC (bank) diblok karena terlalu banyak transfer dari internet. Cet sama staf yang ternyata orang indo tapi tetap ga bisa dibuka akunnya.

Mimpi bermain: Di aula, salah satu dindingnya terbuat dari kaca. Bikin lubang di dinding itu dengan ukuran tapi ga lebih dari . Di lantai aula bertebaran USB stick . Nah USB stick itu kalo dilempar, bagian merah harus nancep di lubang itu, tapi bagian kuning ga boleh ikutan masuk karena akan terlempar ke luar aula.

Some notable dreams

These are pieces of dreams that I experienced during that 30 days:

A don't-know-what dream: Together with people striving something that looks like squares. Something that has been gathered can be split and bordered.

A very near-real dream: Trying to participate in topcoder development. But when I reach the phase of making testcases I realize that it is very boring so I cancel my participation.

A very not quality dream: Setting my computer's clock to match another clock

A dream that like old-days: Writing a diary on my rubber eraser (I write a lot over a rubber eraser with a ballpoint. But eventually the writing fades and become eroded. So I decided not to write my diary on a rubber eraser anymore.

A flying dream (wow!): Flying (without using anything). But that time is at night and almost everything are black (so being able to fly is no use)

Another don't-know-what dream: Looking passing through cars, looking at the last 2 digits of the plate number, if it matches some pattern it is considered as our ally, else our enemy. My OCBC bank account is blocked because there are too many internet transfers. I chatted with the staff which turned out to be an Indonesian but still the account is blocked.

A playing dream: In a hall, one of the wall is made from glass. Made a hole in that wall this size but no larger than . On the floor there are USB sticks scattered. Well, when the USB sticks are thrown, the red part must stick to the hole, but the yellow part may not enter that hole because it will be thrown out of the hall.

Kesimpulan

Jadi.. apa yah? ...

"Ayo.. ayo.. kalian juga coba catat mimpi!"

Buat apa?

  • Anda akan menyadari... ternyata mimpi Anda, yang mungkin kurang Anda perhatikan, sering kali sangat menarik!
  • Satu bulan setelah Anda mencatat, bacalah catatan, Anda tak akan mengira pernah bermimpi seheboh itu.
  • Semakin lama anda mencatat, mimpi akan semakin aneh, hebat, menarik, tak disangka, dan imajinatif!
  • Dan kalau mau tujuan utama: "Lucid Dream" alias "Mimpi Jelas" yang sudah cukup banyak dibahas. Kendalikan mimpi, sadari bahwa lagi mimpi, lakukan hal2 yang tak bisa di dunia nyata, dapatkan inspirasi baru, gunakan otak selama waktu tidur untuk hal2 yang mengagumkan! Lihat wikipedia ini (bahasa Inggris) untuk keterangan lebih lanjut!

Oke, sampelah kita di akhir artikel. Gimana dengan pengalaman Anda dengan mimpi? Ada mimpi yang tak terlupakan? Ada cara2 mendapat mimpi? Ada ide2 atau saran mendapat mimpi? Atau tanggapan atas artikel ini yang sangat diterima dengan tangan dibuka ^^ Ayo tulis di kolom komentar di bawah!

Conclusions

So.. what do you think? ...

"Come on.. come on.. you too, try to note down your dreams!"

For what?

  • You will realize... that your dreams, which you may not pay attention to them very much, is usually turn out to be very interesting!
  • After a month noting down your dreams, read your notes, you will not believe that you had such fascinating dreams.
  • The longer you note down, the dreams will become more weird, superb, interesting, unexpected, and imaginative!
  • And if you want a final target: "Lucid Dream", that has been discussed quite often. Control your dreams, be conscious that you are dreaming, get a new inspiration, do things that can't be done in real world, use your brain during sleep time for amazing things! Look at this wikipedia entry for more information!

OK, now we reach the end of the article. How about your experience with dreams? Is there any dream that you never forget of? Is there methods to get dreams? Any ideas or suggestions to get dreams? Or any response to this article that are very welcomed with open arms ^^ Please write at the comment form below!

Written by: yuku

Kebetulan semalem aku baru mimpi aneh banget. Aku mimpi kiamat ^^, serem nya bukan maen, dan rupanya itu adalah mimpi di dalam mimpi. Pas bangun dari mimpi kiamat itu, aku di kamer (tapi masih di dalam mimpi). Terus liat berita, dan terjadi kiamat di sana sini di dalam dunia. Mimpi itu berasanya lamaaaaaaaaaa sekali (udah kayak beneran), karena itu perasaan setelah bangun dari mimpi dalam mimpi. Pas bangun.. rasanya lega banget, dunia ternyata masih utuh ^^

Rickyok [jp], 3 Nov 2006, 6:36 reply
hebat ada macam2 mimpi ^^
kalo yang sampe jalan dalam tidur masuk kategori mana yah?


asa [sg], 3 Nov 2006, 8:20 reply
A lively dream
How about if someone dreamed that he/she fell down and he/she is really fell down. I'm sure that's an awful dream...


Someone Special [id], 7 Nov 2006, 3:54 reply
Ku sering mimpi telat ke skul (dan berbagai variasinya, misalnya mencoba ke skul naik ojek padahal skulnya deket), lupa belajar padahal ada ulangan..
Mimpi jatuh + refleks gerak jg sering!
Dan yang paling aneh, kalo di skul lagi disuruh nyatet/nulis sesuatu trus ngantuk dan mimpi, mimpinya bisa ketulis di buku...


Tania [id], 4 Nov 2006, 14:41 reply
hah kok bisa??? betulan yah

Derianto Kusuma [us], 5 Nov 2006, 14:43 reply
Iyaaa... betulan!

Tania [id], 5 Nov 2006, 14:45 reply
menarik... hmm..

sylv [sg], 6 Nov 2006, 16:11 reply
Kalo bebek, mimpi buruk pada umumnya PASTI mimpi dalam mimpi >

bebek [sg], 4 Nov 2006, 19:06 reply
Normal dream, it's unusual for me, even if I have imagined about something, it could not come to the dream. Awful. I am just a little curious, why didn't you write down your dreams for about 30 days?

Lesmanahadi [id], 7 Nov 2006, 3:51 reply
What about when u are about to wake up u are unable to get up, u are trying so hard but its really hard to get up, when u calmed down a little thats when u are able to get up. Have u ever experienced it??
indonesian said "ketimpa" maybe
I have ever tried to control my dream, I can do it coz i know that i am dreaming that time, the dream is about fight, the result is I am unbeatable lol


Fumowing [id], 7 Nov 2006, 8:59 reply
eh ternyata ada penjelasan ilmiahnya :p
http://en.wikipedia.org/wiki/Sleep_paralysis


fumowing [id], 7 Nov 2006, 9:16 reply
ixxx dipaksa tulis komen lagi.... (karena yang atas komennya ilang)
Baru mimpi. NTU jadi aneh susunannya, banyak jalan rahasia. Trus tiba2 pake sistem kelas di mana 1 kelas ngomong indo semua pula (tapi anehnya ga ada 1 pun yang daku kenal). Mungkin harusnya mimpinya dalam bahasa inggris kali yA? tapi karena emang alam bawah sadar daku tahu kalo daku itu inggrisnya payah, jadinya udah di "translate" jadi bahasa indo. blum lagi mimpinya berlanjut dengan kejar2an di mobil kayanya. Sungguh mimpi yang tidak damai.
Bebek cukup sering mimpi dalam mimpi. Berlapis2. Yang paling mengerikan itu dulu. Mimpi kalo di kamarku ada zombie made in china yang loncat2 itu. Mukanya putih pucet, rada lecek. Trus dia datengin ranjang daku dan tarik kaki daku.
Mimpinya real banget karena itu serasa masih di kamar (jadi kaya abis baru bangun tidur). Tapi karena zombie itu harusnya tidak ada. Daku berusaha bangun dari mimpi... Eh kebangun... fiuh... asli cuma mimpi... Udah keringet dingin....
TAPI..... pas liat ke arah kaki daku.... Tiba2 si zombie dateng lagi!!! (MAMA!!!!!!!!!!!) dengan cara yang sama kaya mimpi semula!!
dan gitu terus prosesnya sampe minimal 3 kali bangun.
Mimpi dalam mimpi T__T mo bangun juga susah... T__T
Bebek "sering" ketindihan berarti...


bebek [sg], 8 Nov 2006, 2:45 reply
Saya pernah beberapa kali mimpi yang saya sadar bahwa itu mimpi. Misalnya mimpi mau "making love". Pas mau mulai saya ingat bahwa itu haram tapi kemudian saya sadar bahwa itu kan cuma mimpi jadi saya lanjutkan dan nikmati saja. :)
Pernah juga waktu tahu bahwa lagi mimpi saya berpikir mumpung lagi mimpi kenapa gak coba cari wanita-wanita cantik untuk saya ajak "making love". Tapi ternyata belum pernah berhasil.


Traveller [id], 8 Nov 2006, 8:10 reply
suatu malam aku mimpi ada banjir besar dan semua orang yang kukenal tenggelam, aku takut sekali. Besoknya ada kabar pangandaran kena tsunami, dan teman2 dekatku baru sehari sebelumnya dari pangandaran! Untung mereka gapapa ^ ^. Seram sekali.

anna [sg], 9 Nov 2006, 16:17 reply
This is some additional comments :
According to psychology, if you sleep and you don't dream , it means that you have slept well enough such that the sleep cycle is fulfilled. If you remember your dream, it means that you wake up in the middle of your sleep cycle, therefore you will still feel sleepy. ^ ^
Wish u all have a dreamless sleep tonight :)


anna lagi [sg], 9 Nov 2006, 16:24 reply
Kalo sleep talking pas mimpi termasuk mimpi kategori mana ya?

Theresia [sg], 11 Nov 2006, 3:57 reply
I had a dream about Pope John Paul II, I was waiting a bus and then a bus passed by with the Pope inside waving at me,smiling and said "Good luck"
Two days later Pope John Paul II passed away :_(


pingko [id], 13 Nov 2006, 5:53 reply
emg btw org2 pernah ada yg blg ngalamin kaya gitu persis ga sih?
dan sbtlnya cara gambarinnnya jg persis
........
sangat aneh pas baca artikelnya
kaya baca artikel buatan sdr


isr [sg], 20 Nov 2006, 13:11 reply
can't be ?
sure it can...
prove it ? ... err how ? that some think like "is there a god ? pfove it !"
i have 3 dream that comes true ^^ yeah thats right de javu ^^
and lots of love or happy dream
and some sad dream and scary dream ...
yeah recently i have a scary dream ....... T.T
im dreaming a river full of blood and lots of dead baby ><;;
arrghh ><;; i hate that dream sooo much ><;;


sigeboitea [id], 12 Dec 2006, 15:35 reply
Pernah ngak kalian mimpi.. trus sadar itu lagi mimpi.. trus konsen dikit.. aku mo ini.. trus lsg ada.. mo itu ..lsg ada... hehe jadi kyk bisa mengendalikan dunia mimpi kita gitu...?
hehe g pernah 1 x... dah g coba lagi lagi lagi lagi dan lagi.. tapi ngak pernah berhasil...
huhu padahal seru banget loh kalo bisa mengendalikan mimpi ^_^


Laxio23 [id], 21 Dec 2006, 7:44 reply
Wah menarik sekali, keliatannya memang itu yang disebut lucid dream. Katanya memang butuh sekitar 6 bulan - 2 tahun latihan kalau mau rutin begitu. Aku juga belum pernah, dan rasanya enak sekali kalau bisa begitu...

yuku [id], 24 Dec 2006, 10:34 reply
According the chronobiology, we HAVE to dream. That's the period of time when we really rest, and recover energies. We dream in a period called "REM" (Rapid Eye Movement), when our brain is on top of activation, but our bodies are without muscular tone.
┬┐What happen if we don't have REM periods in the night? After 11 days, we could die. The fisiological damage can be that serious.
That's all. Saludos desde Chile.
Ricardo I.


Ricardo I. [cl], 21 Jan 2007, 3:53 reply
masa sih??Klo bner,berarti gunan bngt tuh buat orang yg hidupny ga jauh" dari desain.Kan bisa dapet banyak imajinasi trus jadi kreatif.

Teddie [hk], 22 Jan 2007, 15:51 reply
eniwei,,,smua jenis mimpi udh 9w alamin tmasuk mimpi 2 kali ituh,,ba9us ba9us,,,huhu

andrini_adh [id], 9 Feb 2007, 5:00 reply
Hm.. aku punya mimpi aneh banget lho, meskipun ga inget mimpi apa tapi... aku sadar kalo dari mimpi itu aku belajar sesuatu yang blom pernah aku pelajarin, ada pelajaran sekolah gitu hhe..
Hm.. i had a strange dream..
even though i couldn't recall what the dream was
i'm certain that thing's i learn that i used in my school, daily life, some of them i learnt from my dream, pure dream i had never learn it anywhere.
for example how to draw the some math graph, i'm sure i hadn't saw it in real life but i had in my dream


Kevin [id], 9 May 2007, 16:35 reply
and anyway aku sering banget lagi sadar ya, lagi seger2nya badan ga ngantuk sama sekali tau2 tidur trus pas bangunnya itu ngerefleks, kaya kalo mimpi banyak nyamuk pas bangun tiba2 tangannya gerak mukul2 kanan kiri
waktu itu sih aku pnah dikasi tau kalo ada hubungan antara mimpi sama hidup beneran tapi waktu aku ngalamin gitu baru bener2 percaya..
jadi kalo masih setengah tidur tuh gimana ya respon tubuh dunia mimpi nyambung sama 'beneran ga mimpi'


Kevin [id], 9 May 2007, 16:46 reply
indonesia:
wah.. aku menemukan teman2 para pemimpi nih, aku tanya sama keluargaku dan teman2 yang lain. katanya mereka tidak setiap hari mimpi, bahkan pacarku bilang dia mimpi cuma 2 kali sebulan, sedangkan setiap hari aku pasti mimpi, dan pasti ingat apa itu mimpiku. Dan kalo mimpi pasti seru entah perang-perangan, bahkan sering juga bisa ngontrol mimpiku, betul juga kalo dibilang, setelah bangun trus tidur lagi, mimpinya lebih seru... seru kali ya kalo ditulis setiap mimpi kita.. ku pikir aku kelainan jiwa tapi ternyata emang mimpi tiap hari tu gpp ya... sip deh
Biasanya sih mimpinya rada2 memper (mirip) dengan apa yang baru aja kita alamin, misalnya habis main game, ntar kita bisa jadi salah satu tokoh game itu, ato bisa juga sama sekali nggak nyambung... ato juga kebanyakan nonton filem, ntar mimpinya jadi tokoh filem itu, seru juga. pernah juga ngalamin dejavu.. ga tau tu bisa beneran apa enggak, dan aku jarang banget ngalamin itu, aku inget itu terjadi paling enggak 10 tahun sekali (perkiraan paling jelek) dan itu beneran terjadi. misalnya aku mimpi ada orang bakal datang ke rumahku dan naruh sangkar burung di depan rumah, paginya tuh bneran ada yang begitu... tapi ada yang bilang sih itu cuma perasaan doang...
english ( at least i try.. :-) ):
at last i found another dreamers..., i ask to my family and my friends, they said that they usually not dream everyday, even my boyfriend says that he dreams just twice a month. Otherwise im dreaming everyday, and i must remember my dreams. My dreams always attracting most about war, and most again.. i can control my dreams, so its true that if i wake up and go sleep again, my dream began more attractive.. maybe its cool if we write all of our dream.. before i read this article i think im 'crazy' but its normal i think...
Usually a dreams can be a like with something just happen to us, ex after we playing games, then we can be one of the character in that game, or the dreams can have no relation with that.. or if we to much watching movies, later in our dreams, we can be that character in that movies, its cool. Ive been through dejavu too, i dont know its true or not, and i through that maybe one in ten years, and its truly happens (i think). one dejavu dreams ive been through is i dream someone will came to my house and put a cage bird in front of my house, and in the next morning (after i awake), theres a man who put a cage bird in front of my house!!.. but many people said its just my feeling.. i just dont know..


ir3z [id], 13 May 2007, 7:55 reply
Baru hari ini saya berencana untuk mengulas mimpi di blog saya.
I'm a dreamer (mau di kehidupan nyata atau dalam tidur) hehe.
Hampir setiap hari saya bermimpi, ada yang bisa saya ingat jelas, ada yang samar dan bahkan ada yang saya benar-benar lupa apa mimpi saya (padahal saya bemimpi).
Kemarin mimpi harus breastfeeding my baby boy dan sepertinya nyata kalau punya anak itu tidaklah mudah.
Kalau tadi malam saya mimpi saya dan teman-teman kena lintah....punggung saya sampai bolong 3 karena lintah hahhaha... cuma karena sehari sebelumnya saya lihat lintah dan sampai bergidik ketakutan.
Well, saya bisa mimpi sesuatu yang absurd (misal mimpi bisa terbang, ini sangat sering saya alami...paling sering). Sampai mimpi tentang hal yang sedang saya pikirkan...misal hari itu saya pergi ke mal mencari buku yang sama mau tapi tidak ketemu, dalam mimpi saya ada toko tersembunyi yang isinya ratusan buku yang saya cari tersebut. See ?
Atau misal ada hal yang sebenarnya membuat saya sedih tetapi saya tidak mau pikirkan...tiba-tiba saya mimpi my ex datang dengan pacar baru nya dan saya juga berbincang dengan mereka (dalam mimpi saya).
Well, kalau harus nulis mimpi saya apa saja...sepertinya akan sangat banyak sekali.
Dan sama seperti yang saya baca di atas, ada yang bisa mengendalikan mimpi...saya termasuk bisa mengendalikan mimpi. Misal saya mimpi suatu hal yang menyenangkan....ketika saya terbangun, saya akan mencoba tidur sambil memikirkan mimpi saya...dan akhirnya mimpi pun akan bersambung. Weird huh ? tapi memang begitulah.... hahhaha
Tetapi yang paling parah....ketika badan sangat letih dan berasa ingin 'have a pee' , saya berpikiran kalau saya sudah di kamar mandi...ternyata.... I wet my bed... dan parahnya saya sadar saat kejadian itu berlangsung. What can I do ?? I have to do early laundry before one of my family wake up hahhahha


id [id], 23 May 2007, 1:09 reply
waktu itu chii pernah mimpi dikejar2 setan trus setelah beberapa lama kejar2an, akhirnya chii ktemu jalan buntu, trus ga tau knapa chii mikir "jangan2 cuma mimpi, abisnya sebelumnya chii ga pernah dikejar setan (soalnya chii ngga takut setan), bangun aja ah..."
tarrraaaaa! tiba tiba chii bangun dan sadar dari mimpi chii,, koq bisa? ntah knapa...
btw, katanya klo orang mimpi itu katanya tidurnya pules (lelap) tapi klo dia ngga mimpi berarti tidurnya ngga pules.


chii~ [id], 8 Sep 2007, 16:13 reply
wwwuuuuuuiiiiiihhhhhhhhh......
kereeeeeennnnnn....
ternyata mimpi orang aneh2 yaph.....


shia [id], 21 Sep 2007, 5:41 reply
aku paling senang mimpi dapat rezeki yg banyak..
tapi jelekx saat bangun...yah... nggak ada apa-apa
trus pernah jg mimpi tentang alam semesta, planet dan masa depan...betul2 lebih heboh dari Star Wars...nggak nyangka !!!! beneran.


reevan [--], 6 Oct 2007, 9:12 reply
GEBLEK abis mimpi bermain sama USB!
ak ketawa sampe perutku sakit!!!
jadi pengen ikutan nyatet mimpi
ikutan ahhhh....
BTW semalem ak mimpi dikejer KINGKONG (kayak di film kingkong) GEDE BANGET
ak sama tanteku naek mobil ngebut banget malem-malem... bener2 deg-degan sampe kebangun-bangun


angel deng.. [id], 30 Oct 2007, 14:05 reply
gile,,, ternyata mimpi orang2 pada gila abiz yeeee!!

rahma [id], 1 Dec 2007, 9:32 reply
bagaimana mencegah supaya tidak mimpi terus? saya punya kebiasaan begitu tidur langsung mimpi sampai bangun, akhirnya saya sangat capek, karena seolah aku gak tidur, pikiranku berjalan terus. tidur terasa gak tidur. sehingga kalopun impi indah, malah jadi impi jelek yang tidak pernah berhenti. ada cara untuk menghentikan semua impi???

HUishan [id], 7 Dec 2007, 6:05 reply
ku pernah mimpi di dalam mimpi, seperti yg ditulis di artikel di atas. rasanya susaah sekali untuk bangun, kita sadar bahwa kita sedang bermimpi, tapi kita gak bisa keluar atau terbangun! rasanya seperti terperangkap gitu..aneh banget deh, unbeliveable! ketika berhasil keluar dari mimpi satunya (seperti terbangun -red), eh ternyata masih ada di mimpi yg lain!
pada akhirnya sih aku terbangun juga, tapi seperti menguras tenaga gitu, capek bgt ketika terbangun...n aku lupa gimana bisa keluar dari mimpi itu!
ck,ck,ck...itulah salah satu misteri alam kehidupan ini...hanya dari sebuah mimpi..bunga tidur manusia...


yuu-chan [id], 8 Feb 2008, 4:08 reply
wew keyen! mimpinya pada gile2 hueehue...
ku pernah mimpi ngelanjutin mimpi yang udah lewat beberapa menit yang lalu, gara2 pengen banget ngelanjutin mimpi itu...
tapi giliran mau coba2 ngendaliin mimpi, yang ada pas bangun2 hampir ktinggalan lab :(


n [sg], 6 Jul 2008, 23:55 reply
aku nyoba buat nyatet mimpi, dan itu ternyata ngebuat aku lebih bisa mengingat mimpiku lebih lama... hha! hebaat..

chii~ [id], 22 Aug 2008, 5:46 reply
wah saya sering tuh mimpi dalam mimpi, jadi biasanya saya merasa terbangun dari mimpi tp ternyata itu masih hanya mimpi.

Akbar [id], 3 Apr 2009, 18:26 reply
mimpi, kadang indah kadang buruk.
Saat mimpi indah pengennya terus-terus, tapi klo mimpi buruk, pengennya cpat bangun


Abhe [id], 3 Apr 2009, 18:29 reply
Saya sering mimpi bangun dan melakukan aktifitas seperti cuci muka, dll. sebelum saya bagun dipagi hari.
So, pas bangun saya kadang pusing apa sya memang dah lakuin itu ya? (cuci muka, dll...) aneh


@bh3 [id], 3 Apr 2009, 18:33 reply
mimpi...
saya sering sadar dalam mimpi, tapi pas mau sy kendalikan eh yang ada bangun deh,
Biasanya klo lagi mimpi buruk, saya biasanya berusaha buka mata, so terbangun deh, dan kadang juga saya berhasil merubah jalannya mimpi seperti kemauan saya, meskipun seringnya malah terbangun.
eh sy pernah baca, "supaya kita bisa lama2 dalam mimpi, saat kita menyadari kalo gita lagi di alam mimpi, supaya tidak terbangun, lakukan gerakan memutar badan" ya 3-10x putaranlah. saya pernah berhasil


Muhammad [id], 3 Apr 2009, 18:38 reply
I'm really happy that i had read your some methodes but i really want to know of how to sleep without dream because the dream make my brain bad and unclever.
please tell me about the sleep without dream. Thank! I hope you help me.


Sophearum [kh], 22 May 2009, 7:58 reply