Post To: Indonesian Society
Conversation: Udh Merdekakah Kita.....(harapan untuk generasi baru)
From: #HASLIM MULYADI#
Posted: Thu 8/17/2006 2:39 AM
Subject: Udh Merdekakah Kita.....(harapan untuk generasi baru)

61 tahun..Umur negriKu... berarti 61 tahun sudah berlalu ketika kita mengusir kaum penjajah dari bumi pertiwi.. 61 tahun yang lalu kita memproklamasikan (proclaim) ourselves sebagai bangsa yang independence.. yang berdiri setara dalam kedaulatan hukum International.. Di jalan Pegangasan Timur, Jakarta, lembaran sejarah baru Bangsa ini ditulis... 61 tahun juga bukan waktu yang singkat... temenku Sporean baru mengalami pergantian 3 kepala pemerintahan (PM), Bangsaku udh 6 kali... Apakah itu sebuah pesta rakyat atau demokrasi yang kecolongan... After Cendana gate... Bangsaku seperti tidak pernah bangun dari keterpurukan yang merupakan bagian dari multidimensional Crisis... Bangsaku bagaikan harimau yang kehilangan taring sehingga Indonesia yang dulu diseganin di SEA, Asian and International sekarang tidak lagi... Demo, riot, corruption, etc etc become suatu identitas baru buat negriKu... ditambah disaster yang tak kunjung berlalu... Itu identitas NegriKu kah??... Itulah Identitas bangsaku di Usia yang 61 Tahun kah??......Itukah identitas yang akan kita wariskan kepada generasi muda yang akan melihat dunia kedepan..

Bukan... itu salah.. itu salah, temen .(i try to convince myself) walaupun elit2 bangsa ini sibuk dgn power sharing (bntr lg ada reshuffle), power showing off, etc etc .. di IPHO, Singapore.... pahlwan2 muda bangsa tidak kalah dgn jagoan2 dari China, Korea, US, IRan, etc.. Mereka buktikan kalo mereka tidak minder, foundation mental bangsa ini masi kuat.....Temen.. foundasi bangsa ini kuat... Saya katakan.. kita punya another 250an generasi muda bangsa yang berilmu di singapore (NTU, NUS, SMU, etc) ditambah generasi2 sebelumnya bangsa ini cuman lagi tidur, dan saatnya bangun..bangsa ini akan menbangunkan dunia seperti China and India.... Cuman temen... saya tidak tau kapan bangsa ini bangun? And Apakah bangsa ini bisa afford ketiduran yang begitu lama?? Globalization version 3 (menurut T. Friedman in "This world is flat") yang merupakan personal competition akan menjadikan semua individual di dunia bersaing each other... Jadi di era Globalization 3 ini, perbedaan akan terliat lebi jelas, karna ketika negera tidk mampu memprotect the keistimewaan (privelege) of itself ... Apakah kita udh siap?? I always remind me of these.. Apalagi di dunia engineering.....Globalization in engineering udh mulai dari jaman2 dulu?? Job outsourcing, offshoring, etc etc become suatu trait yang didewa2kan... Well... We need to survive.. So do they..

...61 tahun.. berliku2 perjalanan udh dilewati... berbagai pengalaman pahit udh dirasakan.... namun kita selalu lupa arti sakit sehingga berkali2 jatuh dalam lubang2 yang sama... Apakah generasi yg baru tiba di negeri Singa akan belajar dari negeri singa untuk menbawa negriKu bangkit dari lubang2 itu... Percayalah kalo negeriKu bangkit... Dunia akan dibangunkan seperti China and India... Who'll believe... Definitely I am.......


Selamat Hari Kemerdekaan buat negeriKu...
Merdeka...

Rgds
HasLim congi