What's New

  • You like Kejut and want to place a link to Kejut in your website? That's easy! Click here!
    Kejut.com
Email:

Random Articles

 

First Question: "What are you going to do tomorrow?"

Usually, people have their favorite days in a week, such as "I like Wednesday because I meet someone I like" or "I like Sunday because it's time to share my experience with God" or ... (I believe each of you have something like those). If you like Sunday and Wednesday, what happens with Monday and Tuesday (days between Monday and Wednesday)? For me, I'd like to think "Just go with it" or if I translate it, it means "I'll do my routines"

Pertanyaan Pertama: "Apa yang akan kamu lakukan besok?"

Biasanya orang memiliki hari-hari favorit dalam seminggu, misalnya "Aku suka Rabu karna aku bertemu orang yang kusuka" atau "Aku suka Minggu karna itu waktu berbagi pengalaman dengan Tuhan" atau ... (Kurasa setiap orang juga begitu). Kalau kamu menyukai Minggu dan Rabu, apa yang terjadi dengan Senin dan Selasa (hari diantara Minggu dan Rabu)? Kalau aku, biasanya kupikir "Cukup lewati saja", atau kalau diterjemahkan, "Kulakukan rutinitasku"

Second Question: "What's good about tomorrow?"

Usually, I have my days repeated over and over again, for example of those are Monday and Tuesday. It seems that my Monday and Tuesday every week is the same days. Actually, everyday is a new day, everyday is a different day, everyday is a unique day. So, those days are repeated over and over again because of something called routines. Today, people like to robotize themselves. They create procedures for everything and they act based on those procedures. I give you some examples:

1. Many people plan their day. They save their plan in PDA, cell Phone, computer, agenda, calendar, etc. They do their activities in order exactly like what is written on their planner and they do the same activities every week. Are they robotize themselves? I think so.

2. In manufacturing industry, operators do their job repeatedly with their left and right hand movements are set (motion study). They work as what is written on their SOP (Standard Operating Procedures). Do they robotize themselves? I don't think so, I think they are robotized.

If you want to know why is it happens, it's because of money. You want more money, you have to be more efficient.

Pertanyaan Kedua: "Apa yang baik dari hari esok?"

Biasanya aku mengulangi hari-hariku lagi dan lagi, contohnya Senin dan Selasa. Rasanya hari Senin dan Selasaku tiap minggu sama saja. Sebenarnya setiap hari adalah hari baru, setiap hari adalah hari yang berbeda, setiap hari adalah hari yang unik. Jadi, hari-hari itu berulang terus karna sesuatu yang disebut rutinitas. Sekarang orang suka merobotkan dirinya. Mereka membuat prosedur untuk segala sesuatu dan mereka bertindak berdasarkan prosedur-prosedur itu. Kuberi suatu contoh:

1. Banyak orang merencanakan hari mereka. Mereka menyimpan rencana mereka di PDA, telpon genggam, komputer, agenda, kalender, dan lain-lain. Mereka melakukan aktivitas mereka tepat seperti apa yang tertulis di rencana mereka dan mereka melakukan aktivitas yang sama setiap minggu. Apakah mereka merobotkan dirinya? Kupikir memang begitu.

2. Di industri manufaktur, operator melakukan pekerjaan mereka berulang-ulang dengan gerakan tangan kiri dan kanan yang sudah ditentukan (pelajaran gerak). Mereka bekerja sesuai yang tertulis di prosedur operasi standar. Apakah mereka merobotkan dirinya? Kurasa tidak, mereka dirobotkan.

Kalau ingin tau mengapa itu terjadi, itu karna uang. Kamu ingin lebih banyak uang, kamu harus lebih efisien.

Third Question: "Are you A ROBOT?"

I believe that human is not robot, not even close to robot. Human is different from robot because robot is only an image of human. So, why do you want to have your day filled with only routines or nothing-unique-planned? Every day is a not-the-same day, it is NEW! Remember, once you have filled your day, you couldn't go back and change it. Why don't you plan your day differently everyday, every week, every month, and so on, so you have a different memories. If you have more memories in your life, you have a more colorful life.

Pertanyaan Ketiga: "Apakah kamu ROBOT?"

Menurutku manusia bukan robot, bahkan jauh dari robot. Manusia berbeda dengan robot karena robot hanya tiruan manusia. Jadi mengapa kamu mau harimu penuh dengan, hanya rutinitas atau rencana yang begitu-begitu saja? Setiap hari bukanlah hari-itu-itu-saja, tapi hari yang BARU! Ingat, setelah kamu mengisi harimu, kamu tidak dapat kembali dan mengubahnya. Mengapa tidak merencanakan hari yang berbeda setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, dan seterusnya, supaya kamu bisa memiliki bermacam-macam kenangan. Jika ada lebih banyak kenangan dalam hidupmu, hidup yang kamu miliki akan lebih berwarna.

Last Question: "What are you going to do tomorrow?"

Think Carefully...
... Have A Nice Day

Pertanyaan Terakhir: "Apa yang akan kamu lakukan besok?"

Pikirkan Baik-baik...
... Semoga Harimu Indah!

Written by: adhi

komentar iseng: kalo gitu kita ga usah makan ama tidur ama membuang air dan benda padat yah sebaiknya, kan tergolong rutin:D:D:D (komentar bukanlah pertanyaan, apalagi kritik)

... [sg], 18 Oct 2006, 13:11 reply
Tapi makan, buang air, tidur kan bergantung pada diri kita sendiri, makan-kalau lapar, buang air-kalau kebelet, tidur-kalau ngantuk, robot ga makan, ga buang air, tidurnya pun tepat waktu walaupun dia mungkin ga butuh tidur

Someone Special [id], 21 Oct 2006, 15:52 reply
hmm.. kurang jelas yah yang dinamakan robot itu yg gimana? ku tiap hari bikin jadwal tapi tiap hari beda-beda!?
dan komentar "Kalau ingin tau mengapa itu terjadi, itu karna uang. Kamu ingin lebih banyak uang, kamu harus lebih efisien."
uang itu cuma media perantara barter. menurutku manusia kerja lebih efisien untuk memenuhi lebih banyak kebutuhan manusia lainnya. bahkan bekerja bisa dijadikan kesenangan dalam hidup karena memang tujuannya mulia.


Derianto Kusuma [us], 18 Oct 2006, 13:40 reply
kalau dilihat dari sudut pandang pengarangnya, kayaknya robot tuh punya makna hiperbolis, maksudnya orang-orang dipandang sebagai robot karena berlaku menyerupai robot: melakukan pekerjaan yang itu-itu aja, ga ada variasinya.
Kalau soal uang, pandangan setiap orang tentang uang aku yakin bervariasi, begitu juga dengan alasan setiap orang untuk mencari "uang"
Komentar yang bagus...^^;


Someone Special [id], 29 Oct 2006, 14:24 reply
ini kayanya hasil pemikiran akibat kejenuhan yang memuncak,masalah uang sangatlah relatif tapi untuk masalah robot gue setuju dengan mas Someone Special,tergantung bagaomana menyikapinya
Thanks


try [id], 7 Nov 2006, 7:08 reply
eh by the way nie site dah lama ya
soalnya gue baru taw
ada yang ngebahas masalah hp jadul yang masih oke ga................
bikin dong


try [id], 7 Nov 2006, 7:10 reply
kalau hari esok kita merencanakan nya,... trus kita jalani apa yg kita rencanakan,..
sama saja kalau kita ini robot. bukan bGituu,..???
tell me pliisss....


.... [id], 20 Sep 2007, 10:35 reply
Rutin itu berarti berulang-ulang yang berarti membuat kita jadi mendalami satu hal yang kita kerjakan, mungkin bisa membuat kita ahli, dan ahli itu lebih baik dan profesional


rhusealaban [id], 29 Aug 2008, 15:48 reply
nerd

Dhru [us], 30 Dec 2010, 10:25 reply
wow, i like this web. happy friendship guys. saya sedang ingin belajar bhs inggris. dan blog ini menawarkan bhs inggris dan terjemahan dibawahnya, sy bisa baca perkalimat, dan terjemahanya kemudian.sy pikir ii bekerja. saya bakal pantengin dan acak2 isi ni website. salam

awan_clickerz [id], 3 Sep 2011, 19:18 reply